Gallery

Debat Mahasiswa Konstitusi, Kenalkan UIN RF ke Ranah Nasional

 

Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Mahasiswa UIN ikut serta dalam debat Konstitusi mahasiswa se-Indonesia 2016. Agenda tersebut merupakan agenda rutin yang di adakan setiap tahun oleh Komisi Yudisial Mahkamah Konstitusi. 19-23 April 2016. Ukhuwahnews/Dokumen

Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Mahasiswa UIN ikut serta dalam debat Konstitusi mahasiswa se-Indonesia 2016. Agenda tersebut merupakan agenda rutin yang di adakan setiap tahun oleh Komisi Yudisial Mahkamah Konstitusi. 19-23 April 2016. Ukhuwahnews/Dokumenpeserta

 

UIN – Ukhuwahnews.com | Guna memperkenalkan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang ke ranah nasional. Mahasiswa UIN ikut serta dalam debat Konstitusi mahasiswa se-Indonesia 2016. Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang di adakan setiap tahun oleh Komisi Yudisial Mahkamah Konstitusi.

Budi Hartono selaku Dosen Fakultas Syariah yang melatih peserta dalam kompetisi tersebut mengungkapkan, jika terkait posisi MK sebagai pengawal konstitusi, MK memiliki tanggung jawab dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang nilai-nilai konstitusi.

Ia juga menambahkan, dalam rangka langkah strategis untuk revitalisasi, reaktualisasi, dan reinternalisasi nilai-nilai pancasila dan konstitusi kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Mahkamah Konstitusi melakukan ikhtiar nyata dengan membangun sebuah pusat pendidikan pancasila dan konstitusi  yang sejalan  dengan peraturan presiden Nomor 49 tahun 2012 yang antara lain, mengatur tugas dan fungsi publik pancasila dan konstitusi,” ujar Budi.

Mahasiswa Jurusan Ahwahl Al-Syaksiyah, Khairul Fani mengungkapkan bahwa memperkenalkan UIN RF ke ranah nasional merupakan tujuan peserta seperti dia untuk mengikuti lomba debat konstitusi tersebut.

“Dengan mengikuti lomba, tujuan kami ialah ingin memperkenalkan UIN keranah nasional. Walaupun belum tahu menang atau tidaknya. Ya, setidaknya kita sudah pernah tampil,” ujarnya.

Fani merasa senang sudah bisa lulus seleksi dalam perlombaan tersebut. “Selain senang, saya juga merasa kurang percaya diri, karena akan bersaing melawan Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Sriwijaya (UNSRI), dan 24 Universitas lainnya,” tambahnya.

Agus Suherman Tanjung yang juga termasuk peserta yang lolos dalam debat konstitusi mahasiswa se-Indonesia yang diadakan UIN di Fakultas Syariah, berusaha mempersiapkan diri sebaik mungkin dalam ajang tersebut.

“Debat konstitusi mahasiswa se-Indonesia 2016, penting dilakukan karena bisa melihat kemajuan-kemajuan Universitas yang lain, dan nantinya akan diterapkan dikampus UIN Raden Fatah Palembang. Saya telah mempersiapkan diri latihan setiap hari dengan mengumpulkan materi-materi tema lomba,” tutup Agus Suherman Tanjung saat diwawancara crew Ukhuwah, Rabu (13.04/2016).

Kegiatan tersebut akan berlangsung di Kota Batam pada 19 hingga 23 April mendatang.

 

Reporter : olw,ptw

Editor : Itn

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah