UKMK & Organisasi Mahasiswa

Dari 10001 Foto, Hanya Satu Yang Sempurna

Foto bersama siswa-siswi Madrasah Aliyah (MA) Al-Fatah dalam Ukhuwah Goes to School. Senin (6/8/2018). Ukhuwahfoto/Melati

Palembang – Ukhuwahnews | “Untuk memperoleh foto yang bagus, harus selektif dalam melihat situasi, karena dari sepuluh ribu satu foto hanya terdapat satu foto yang sempurna dan sisanya hanya sampah,” jelas Khairul Akbar saat menyampaikan materi foto jurnalistik di Student Center Universitas Raden Fatah Palembang. Senin (6/8/18)

Khairul Akbar selaku Alumni Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah sekaligus pemateri pada kegiatan Ukhuwah goes to school (UGTS) ketiga yang melibatkan 14 siswa-siswi dari Madrasah Aliyyah (MA) Al – Fatah Palembang juga menyampaikan bahwa tak hanya selektif dalam melihat situasi untuk menghasilkan foto yang sempurna.

“Tetapi, juga harus rajin memotret atau mengambil foto dalam setiap kejadian,” tambahnya

Materi foto jurnalistik menjadi materi kedua setelah materi penulisan berita yang kembali disampaikan oleh Redaktur Pelaksana LPM Ukhuwah, Wilfi Wulandari.

Dari penjelasan keduanya terdapat kesinambungan antara Kepenulisan dan Fotografi. Dimana ketika jurnalis mempotret sebuah pemandangan atau sebuah kejadian yang menarik, ia juga harus menulis sebuah Caption yang pas agar menarik untuk dibaca.

Sinta Silviana yang saat itu menjadi Guru pembimbing MA Al-fatah mengungkapkan bahwa ia dan siswanya menjadi lebih memahami mengenai jurnalistik setelah kegiatan UGTS ini.

“Sebelumnya,

kami mengira jurnalistik itu hanya sebatas berita tulis dan tentang seorang penulis saja,” ungkapnya

Meskipun baru mempelajari tentang penulisan berita, di akhir penyampaian materi siswa-siswi Sinta Silviana tersebut diminta membuat berita straight news secara berkelompok yang kemudian di koreksi oleh Wilfi Wulandari.

 

Reporter : Metri, Winda

Editor : Fitria

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah