UIN-Ukhuwahnews.com | Dalam rangka menyambut Gebyar Jurnalistik, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ukhuwah Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang mengadakan lesehan dengan tema fotografi. Diisi materi langsung oleh Abriansyah Liberto pewarta foto Tribun Sumsel sekaligus anggota Pewarta Foto Indonesia (PFI). Sabtu, (08/10/2016).

Menurut Berto, dalam mengambil foto harus memiliki beberapa komposisi foto agar foto tersebut terlihat hidup.

“Ketika mengambil foto kita harus memiliki komposisi di dalam foto tersebut. Setiap sisi foto harus terisi agar terlihat hidup, memperhatikan objek yang akan difoto dan harus memberikan simbol dalam foto tersebut. Selain itu dalam komposisi foto, fotografer dapat berfilosofi,” ujarnya.

Selain itu ia juga mengatakan bahwa untuk mengambil foto tidak harus menggunakan kamera canggih tetapi bisa menggunakan kamera android.

“Untuk mengambil foto yang bagus tidak harus menggunakan kamera yang canggih tetapi dengan kamera android juga kita bisa mendapatkan foto yang bagus asalkan tetap memperhatikan komposisi foto tersebut,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa jika tidak memiliki semangat dan project maka tidak akan ada pengalaman.

“Menurut saya ketika kita memiliki semangat dan projek dalam mendapatkan foto, maka kita tidak akan memiliki pengalaman. Seperti hari ini saya tidak akan percaya diri menyampaikan materi kepada kalian apabila saya tidak memiliki pengalaman,” tambah Berto.

Selain itu, salah satu peserta Mia Minarti mengungkapkan bahwa ia sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan.

“Acara lesehan ini sangat memberikan edukasi. Karena memberikan pengetahuan baru mengenai fotografi. Jadi kami kaum awam yang tidak mengenal fotografi sedikit demi sedikit mulai mengetahui tentang dunia fotografi,” kata dia.

Menanggapi hal tersebut Nopri Ismi selaku Ketua Pelaksana Kegiatan Gebyar Jurnalistik menyampaikan bahwa acara lesehan fotografi ini diadakan untuk memberikan pembekalan dalam bidang fotografi kepada anggota LPM Ukhbuwah agar hunting yang akan diadakan pada hari Minggu (9/10/2016) mendapatkan hasil yang maksimal.

 

“Acara ini diadakan untuk memberikan pembekalan dalam bidang kepada seluruh anggota LPM Ukhuwah agar hunting yang akan diadakan besok mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu acara lesehan fotografi ini merupakan salah satu rangkaian persiapan Gebyar Jurnalistik,” tuturnya.

 

Reporter : Prn, Afh

Editor : Von

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah