Gallery

Buku Perpustakaan UIN RF Kurang Variatif

Foto : Ukhuwahnews.com

Foto : Ukhuwahnews.com

UIN-Ukhuwahnews.com | Minat baca mahasiswa di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang masih dianggap kurang dikarenakan jenis buku yang tersedia tidak bervariasi. Hal itu dikatakan seorang pengunjung Nabila Humairah mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Jum’at (26/2/2016).

“buku yang ada disini kurang beragam masih banyak yang kurang, seperti buku fiksi, sastra dan buku-buku lainnya,” ujarnya.

Nabila juga mengeluhkan kebanyakan mahasiswa yang berkunjung ke perpustakaan hanya berhadapan dengan laptop. “Bahkan sampai ada yang tidur-tiduran, cuma sedikit yang terlihat sedang membaca, kalau seperti ini perpustakaan seperti menjadi tempat istirahat mahasiswa,” katanya.

Senada dengan Nabila, Elza Mahasiswi FEBI semester 6 juga mengeluhkan hal yang sama. Menurutnya, kurangnya minat baca mahasiswa karena perpustakaan ini tidak menyediakan jenis bacaan lain seperti komik dan Novel.

“Cuma ada sedikit novel kan jadi bosan, apalagi remaja zaman sekarang yang malas membaca buku pelajaran. kebanyakan lebih memilih nongkrong dan makan-makan, bermain internet atau sosial media dan kebiasaan yang lainnya,” kata dia, Jumat (4/03/2016).

Lain halnya, Sri Wulan Mahasiswi (FEBI) Jurusan D3 Perbankan Syariah menuturkan, buku pejaran masih kurang hal ini membuat mahasiwa kurang tertarik untuk mengunjungi perpustakaan.

”Biar mahasiswa tertarik untuk membaca, ya perpustakaan harus menambah banyak buku pelajaran yang berkenaan dengan mata kuliah, jadi kami lebih mudah untuk mendapatkan bacaan tambahan mengenai pelajaran kami,” ujarnya kepada Ukhuwahnews.com.

Menanggapi hal itu, Nirmala Koordinator Pengadaan dan Pengolahan Barang Pustaka mengatakan, untuk menarik minat baca mahasiswa pihak perpustakaan telah menyediakan 174 judul buku sesuai dengan silabus mata kuliah fakultas masing-masing.

Terkait penambahan buku, Nirmala menjelaskan perpustakaan mendapatkan sumbangan dari Kementrian Agama, Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP2M), Bank Indonesia, Jurnal, UIN se-Indonesia, Dosen-dosen dan juga mahasiswa.

“Kami pihak perpustakaan sangat berharap mahasiswa bisa aktif dalam mengunjungi perpustakaan untuk membaca agar mendapatkan pengetahuan dan ilmu yang lebih banyak,” harapnya.

Reporter : Anm, Mim.
Editor : Jeo

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah