UKMK & Organisasi Mahasiswa

Bentuk Kepedulian, Mapala UIN RF Ikut Sukseskan Global Tiger Day

 

Sumber : IST

 

UIN – Ukhuwahnews | Sebagai bentuk kepedulian terhadap keadaan Harimau khususnya Harimau Sumatera, Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Islam Negeri Raden Fatah (MAPALA UIN RF) ikut berkontribusi sebagai
volunteer guna mensukseskan agenda “Global Tiger Day” yang jatuh pada tanggal 29 Juli 2018, Palembang (28/7/2018).

Seperti yang dikatakan koordinator volunteer MAPALA UIN RF, Ruri Oktaviani bahwa keikutsertaan mereka dalam kegiatan tersebut guna memberi wawasan kepada masyarakat awam mengenai Harimau.

“Yang lebih penting, untuk menyadarkan masyarakat bahwasannya sangatlah penting untuk menjaga serta melindungi setiap satwa yang ada, karena mereka juga bagian dari ekosistem”, lanjutnya.

Ruri juga menambahkan, kegiatan ini juga menjadi bagian dari sosialisasi mengenai semakin sedikitnya jumlah Harimau Sumatera di alam liar.

“Paling tidak masyarakat sudah diberikan sosialisasi terlebih dahulu, karena kepedulian tidak semerta-merta tumbuh begitu saja”, bebernya. Dilansir dari Mongabay.co.id, wilayah Harimau Sumatera di Sumatera
Selatan mencakup lansekap Sembilang dan Dangku.

“Dua lansekap tersebut merupakan wilayah harimau sumatera, yang saat ini jumlahnya berkisar 15 individu. Diharapkan, dengan program ini target kenaikan populasi 10 persen harimau sumatera pada 2019 terwujud,” kata Nunu Anugrah, Kepala BKSDA Sumsel, saat jumpa pers disela Pembukaan Proyek Kemitraan Pengelolaan Lansekap/Ekoregion Sumatera Selatan Terpadu dan Berkelanjutan: Restorasi Lansekap di Kawasan Hutan Dangku Musi Banyuasin dan Taman Nasional Sembilang Banyuasin di Palembang, Kamis (28/01/2016).

Peringatan Global Tiger Day ini diselenggarakan oleh Harimau Kita dan TigerHeart, yang turut  melibatkan seluruh pihak terkait termasuk mahasiswa pecinta alam.

Kegiatan ini dimulai sejak tanggal 25 Juli 2018. Mulai dari roadshow media, kunjungan sekolah pada 26 Juli, pameran art galeri pada 28 Juli dan diskusi sebagai puncak acara pada 29 Juli mendatang.

 

Reporter : Nopri Ismi
Editor : Fitria

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah