Sumber: Net

Sumber: Net

UIN-Ukhuwahnews | Beasiswa Tahfidz di Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang menyediakan 40 kuota bagi para penghafal dengan minimal 5 juz Al-Qur’an. Namun beasiswa ini kurang diminati mahasiswa. Seperti yang dikemukanan Wakil Dekan 2 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Ainur Rofiq bahwa beasiswa ini diberlakukan untuk umum dan tidak dibatasi pendaftarannya.

“Beasiswa ini memang kurang diminati, karena yang daftar kebanyakan hanya dari Pondok Pesantren (Ponpes) yang memang mereka sudah ada bekal untuk menghafal Al-Qur’an. Jadi, tidak dibatasi pendaftaran setiap fakultasnya. Ya, dibatasi saja belum tentu terisi,” ujarnya.

Beberapa mahasiswa lulusan Ponpes bahkan sudah mendaftar sebelum masuk ke UIN RF. Untuk tahun ini Beasiswa Tahfidz ini disamaratakan dengan beasiswa berprestasi, akan mendapatkan Dua Juta Rupiah. “Jika ada yang mampu menghafal 5 Juz silahkan langsung saja daftarkan diri. Dan kalau dari FISIP sendiri sudah ada juga yang mendaftar kok,” katanya.

Ditargetkan oleh pihak penyelenggara beasiswa, untuk kedepannya mahasiswa yang hafal 30 Juz akan dibiayai penuh kuliah hingga Strata 2 (S2). “Ini adalah reward yang diberikan untuk menambah semangat mahasiswa hafidz Al-Qur’an,” ungkap Ainur.

Salah satu mahasiswa Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam (FUSPHI) Jurusan Psikologi Islam, Sasmi Akta yang lulusan dari Ponpes mengungkapkan alasannya tidak mengikuti beasiswa tahfidz dikarenakan kemampuannya belum bisa memenuhi syarat.

“Niat itu selalu ada. Namun hidup yang teratur itu perlu paksaan dan bimbingan. Semenjak saya tidak lagi berada di Ma’had Al-Jamiah (Asrama UIN RF), jadi hafalan saya berkurang juga. Kalau disana kami diatur dan dibimbing untuk mengafal Al-Qur’an. Ditambah lagi sekarang fokus kuliah jadi keinginan itu tersingkirkan,” tuturnya.

Usai mahasiswa yang berminat sudah mendaftar diri, maka akan diseleksi di pusat dan dites oleh Wakil Rektor 3 UIN RF.

Reporter : Ptw, Jai
Editor : Von

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah