Gallery

Beasiswa Menteri Untuk Anak Transmigran

UIN-Ukhuwahnews.com | Kementrian Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memberikan beasiswa kepada anak-anak transmigran yang berkuliah di Universitas Jendral Soedirman (Unsoed). Anak-anak transmigran tersebut tergabung dalam Paguyuban Mahasiswa Anak Transmigran (PMAT).

Demikian disampaikan oleh Alya Ruswalyana, yang merupakan alumni Unsoed dan juga alumni PMAT yang berasal dari daerah transmigrasi di Sumatera Selatan saat menghadiri Seminar Nasional Ketransmigrasian dan peresmian PMAT UIN Raden Fatah Palembang, Jumat (04/03/2016).

Alya menambahkan, selain sebagai paguyuban anak transmigran yang kuliahnya dibiayai oleh Kementrian Desa, daerah Tertinggal dan transmigrasi, PMAT juga merupakan organisasi sosial dan budaya dengan visi memajukan daerah transmigran dan daerah tertinggal di Indonesia.

“Senang bisa dapat beasiswa, selain itu kami anak PMAT juga melakukan bakti sosial setiap tahunnya dan setiap bulannya kami ada agenda desa binaan ke daerah transmigrasi. Jadi kami mengabdikan diri kami untuk negeri,” pungkasnya.

Senada dengan Alya, Karto yang merupakan ketua pelaksana kegiatan membenarkan PMAT selain penerima beasiswa dari kementrian, paguyuban ini juga menghimpun mahasiswa yang berasal dari daerah transmigrasi untuk mengabdi dan terjun langsung ke daerah yang mereka sebut desa binaan.

“Saya bangga jadi anak transmigran, selain kami harus bangga mendapat beasiswa, kami juga memiliki tannggung jawab memajukan daerah kami,” terangnya.

Foto : Hairul Akbar Suasana menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada Seminar Nasional Ketranmigrasian dan peresmian PMAT UIN Raden Fatah Palembang. bertempat di Gedung Rektorat UIN RF , pada Jumat (4/3/2016).

Foto : Hairul Akbar
Suasana menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada Seminar Nasional Ketranmigrasian dan peresmian PMAT UIN Raden Fatah Palembang. bertempat di Gedung Rektorat UIN RF , pada Jumat (4/3/2016).


Beasiswa ini diberikan hanya kepada anak transmigran dan yang tinggal di daerah tertinggal yang secara otomatis harus bergabung dalam PMAT. Sampai saat ini beasiswa ini hanya ada di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto sejak tahun 1994 dan pada tahun 2015 di UIN Raden Fatah Palembang.

Reporter : Lhl
Editor : Von

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah