Kabar Sumsel

Bawaslu Sumsel Ajak Mahasiswa Awasi Pemilu

Sosialisasi pengawas partisipatif di Academic Center Universitas Islam Raden Fatah (UIN RF) Palembang dengan tema “Peran mahasiswa sebagai pengawas partisipasif menuju pilkada yang berintegrasi” di Akademik Center UIN RF PAlembang, Senin, (19/03/18)Ukhuwahfoto/Panji Prasetyo

UIN-Ukhuwahnews.com | Komisioner Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Republik Indonesia Sumatera Selatan Muhammad Afifudin mengajak mahasiswa menjadi pengawas jalannya Pemilihan Umum (pemilu) yang pertama kalinya akan diadakan di ranah kampus.

Hal tersebut ia sampaikan pada Sosialisasi Pengawas Partisipatif di Academic Center Universitas Islam Raden Fatah (UIN RF) Palembang dengan tema “Peran mahasiswa sebagai pengawas partisipasif menuju pilkada yang berintegrasi” Senin, (19/03/18)

“Mahasiswa bisa menjadi pengawas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di sekitar lingkungan rumah,” kata Afif saat mengisi sosialisasi tersebut.

Afif juga mengatakan, selain menjadi pengawas, mahasiswa turut menjadi pengamat saat pemungutan suara berlangsung, pihaknya akan membina mahasiswa agar bisa di ikut sertakan sebagai pengawas di TPS – TPS.

“Kita membagi 3 Kabupaten di Sumsel yang akan di awasi oleh mahasiswa yang mana ini rentan dengan kecurangan yaitu Ogan Ilir, Palembang dan Banyuasin. kita akan membina mahasiswa  untuk menjadi pengawas yang baik. dimana setiap TPS ada 2 orang mahasiswa,” Jelas Afif.

Ketua Pelaksana Sosialisasi, Rian Fitrasa mengatakan bahwa sosialisasi ini memberikan pembelajaran kepada mahasiswa agar lebih peduli dengan berlangsungnya pilkada.

“Alhamdulillah mahasiswa yang hadir melebihi kuota yang kita targetkan sebelumya yang hanya 2000 mahasiswa. Mahasiswa antusias untuk dapat mengetahui cara untuk mengawasi Pilkada yang akan digelar nanti,” jelasnya.

Menanggapi sosialisasi yang diadakan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) UIN RF dan BAWASLU tersebut, Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Anita Mailani mengungkapkan, Sosialisasi ini sangat penting agar mahasiswa bisa mendapat pemahaman lebih mengenai Pilkada mendatang terkhusus juga bagi pemilih pemula.

“Saya sangat mengapresiasi tentang diadakannya Sosialisasi ini, hal ini menambahkan wawasan saya tentang pemilu, bahkan disini kami akan dilibatkan langsung dalam proses pemungutan suara nanti, tak hanya itu kita juga diajak untuk menjadi pengawas saat pilkada berlangsung,” ungkapnya.

Sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa mengenai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 Juni tahun 2018 ini. Setelah sosialisasi di UIN RF Palembang, BAWASLU juga akan melakukan sosialisasi ini di Universitas Muhammadiyah, Universitas Sriwijaya, dan Bina Darma.

Reporter: Rohani Deprianti

Editor: Muhammad Rajab

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah