Barisan Emak-Emak Tuntut KPU Netral dan Adil

Sejumlah emak-emak yang tergabung dalam Barisan Emak-Emak Pengawas Pemilu (Makwaslu) lakukan aksi di depan Kantor KPU Kota Palembang, Rabu (24/4/19). Ukhuwahfoto/Feronika.

Palembang – Ukhuwahnews.com | “Kami hari ini menuntut Komisi Pemilihan Umum (KPU) supaya netral, adil dan untuk penginputan data hasil pemilu harus jujur serta sesuai dengan prosedur,” ujar salah satu orator Barisan Emak-Emak Pengawas Pemilu (Makwaslu), Karti di depan Kantor KPU Kota Palembang, Rabu (24/4/19).

Lanjutnya, Karti mengatakan bahwa banyak ditemukan kecurangan di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) Palembang pada saat mengawas pemilu.

“Saya menemukan kecurangan di TPS 07, Talang Kelapa, Banyuasin. Logistik tiba jam satu siang dan terakhir pencoblosan itu jam lima sore, namun pada setengah lima sudah ditutup tidak boleh nyoblos lagi,” jelasnya.

Kendati begitu, menurut Kepala Kepolisian Resor Kota, Kombes Pol Didi Hayamansyah, berdasarkan rapat bersama KPU dan Badan Pengwas Pemilu dinyatakan tidak ada kecurangan dan pengaduan dari TPS di berbagai daerah kota Palembang.

“Mekanisme kita sudah jelas, jika ada kecurangan maka akan dilaporkan ke Bawaslu,” pungkasnya.

Lanjutnya, ia juga mengatakan, akan ada pencoblosan lanjutan di dua TPS pada Ahad (21/4/19), yakni TPS Lawang Kidul dan Sekojo. “Pencoblosan tersebut dilakukan karena kurangnya surat suara yang tersedia,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KPU Palembang, Eftiani menyambut baik aksi tersebut. Menurutnya tindakan tersebut sebagai kontrol sosial terhadap kinerja KPU selama perhitungan suara pemilu serentak 2019.

“Yang salah, kita katakan salah dan yang benar akan kita sampaikan juga. Dan penghitungan suara pemilihan presiden sudah berjalan di 17 kecamatan,” tuturnya.

 

Reporter : Feronika, Yuni Rahmawati

Editor: Melati Arsika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *