Gallery

Bangun Karakter Pemuda untuk Kemajuan Bangsa

UIN-Ukhuwahnews.com | Mengawal pembangunan karakter dan kemajuan bangsa dalam mewujudkan cita-cita proklamasi dibawah payung pancasila dan UUD 1945, merupakan tema yang diangkat pada acara Musyawarah Kerja Nasional Gerakan Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa Nasional (MUKERNAS GEMA BEMNAS) ke-III. Dengan diikuti peserta dari 75 BEM se-Indonesia acara ini akan berlangsung dari tanggal (2 – 5) Maret 2015. Bertempat di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

Kegiatan ini dihadari oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Gubernur Sumatera Selatan yang diwakili oleh Sekretaris, Kapolda Sumatera Selatan, Wakil Bupati Musi Banyuasin, Rektor UIN Raden Fatah Palembang beserta jajarannya.

“Mahasiswa dan pemerintah harus bersinergi untuk membangun bangsa, terutama mahasiswa dan desa,” hal ini diungkapkan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Ja’far ketika membuka MUKERNAS GEMA BEMNAS ke-III, Senin (02/03/2015) di Academic Center UIN Raden Fatah Palembang.

Marwan juga mengatakan bahwa haruslah perlu untuk membangun karakter sebagai mahasiswa yang akan membangun dan memajukan bangsa serta pemerintahan untuk Indonesia yang lebih baik. Dan Mukernas ini menjadi wadah untuk menjadikan generasi berikutnya untuk dapat mewujudkan kemajuan itu.

“Mukernas menjadi salah satu wadah pembangun karakter muda yang unggul, demi kemajuan bangsa tercinta,” ujarnya menambahkan.

Senada dengan itu, Pof Dr H Aflatun Muchtar pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa kegiatan mukernas ini memang menjadi wadah pembangun karakter dan kemajuan generasi pemuda bangsa.

“Dari kegiatan Mukernas ini. Kita harapkan nantinya akan banyak tokoh-tokoh pejuang bangsa yang muncul dari generasi muda ini. Hingga kebangkitan bangsa akan terwujud. Baik dari pribadi dan agamanya,” harap Aflatun.

Arif Parawita selaku Ketua Pelaksana Mukernas Bemnas ke-III, meski sempat terjadi berbagai kendala dalam pelaksanaan kegiatan ini. Namun optimis tujuan dari pengawalan pembangunan karakter dan kemandirian bangsa ini, bangsa kita dapat mewujudkan cita-cita dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa dari berbagai aspek.

“Musyawarah ini memiliki tujuan utama yaitu untuk merumuskan program pembangunan mengenai pendidikan, budaya, ekonomi, politik, dan ketahanan pangan di Indonesia,” jelasnya.

Endang Sahumin salah satu peserta berharap dengan adanya kegiatan ini agar BEM di seluruh universitas di Indonesia dapat indepeden dan idealis sebagai mahasiswa.

“BEM itu perwakilan mahasiswa, jadi harus independen dan berjalan tanpa kepentingan dalam upaya membangun bangsa ini,” pungkasnya.

*Rnf,Abw
*ed.Von

Pembukaan acara Mukernas Gema Bem Nasional ke III

Pembukaan acara Mukernas Gema Bem Nasional ke III

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah