Asalkan Paham Sistematika, Menulis Karya Ilmiah Menjadi Mudah

Nurhayati sebagai narasumber sedang memaparkan materi penulisan karya ilmiah dalam Seminar Pelatihan Kepenulisan Ilmiah Mahasiswa yang diadakan Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri raden Fatah Palembang, di Aula Pasca Sarjana, Senin (4/3/19). Ist.

UIN RF – Ukhuwahnews | “Menulis karya ilmiah itu mudah, tidak sulit. Asalkan calon penulis memahami bagaimana sistematikannya,” kata Nurhayati, dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya, saat memaparkan materi Seminar Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa yang diadakan Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang, di Aula Pasca Sarjana, Senin (4/3/19).

Dalam pemaparan materi seminar tersebut, kata Nurhayati peserta lebih banyak menggali ke artikel ilmiah, cara mengutip, membuat bibliografi dan daftar pustaka. Hal tersebut harus dipelajari sistematikanya oleh calon penulis karya ilmiah.

“Karena karya ilmiah ini tergolong menulis ilmiah, jadi mempunyai tata cara tersendiri dalam penulisannya. Oleh karena itu, semua yang berkaitan dengan keilmiahan harus diketahui oleh mahasiswa atau calon penulis ilmiah,” ujar Nurhayati kepada Ukhuwahnews.

Selanjutnya, Nurhayati mengatakan, untuk publikasi ilmiah sudah wajib dilakukan oleh mahasiswa S1, sehingga penulisan ilmiah bisa dilakukan oleh mahasiswa sedini mungkin dan ketika mereka selesai sarjana, hal tersebut menjadi jejak yang ditinggalkan yakni berupa tulisan.

“Maka dari itu, untuk para mahasiswa saya berharap tidak berhenti hanya di seminar ini dan harus terus melakukan penulisan karya ilmiah, karena learning by doing itu pasti, jadi jangan berhenti mencoba,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana kegiatan tersebut, Arifin Ilham mengatakan, adanya seminar tersebut berawal dari keinginan mereka agar mahasiswa Psikologi mampu membuat artikel yang baik dan benar.

“Terkait itu, pelatihan ini juga nantinya akan berdampak untuk akreditasi fakultas, kalau nanti ada mahasiswa dan dosen yang berkolaborasi membuat artikel ilmiah atau jurnal, kemudian dipublikasikan ke situs web universitas, hal itu akan mendongkrak akreditas kita,” ucapnya.

Salah satu peserta dari mahasiswa Psikologi semester 6, Uli Rahma mengatakan bahwa seminar tersebut sering dilakukan oleh pihak psikologi dan dinilainya bagus karena telah membuatnya jadi lebih tahu tentang dunia penulisan karya ilmiah.

“Setelah seminar ini semoga saya dan mahasiswa lain  bisa melek akan dunia kepenulisan dan semangatnya dapat  meningkat dalam penulisan karya ilmiah,” jelasnya.

 

Reporter: Melati Arsika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *