Fakultas Dakwah & Komunikasi

Aktivis Gema Fatwa Tuntut Fasilitas Umum Fakultas Dakwah

Puluhan mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi (Fadkom) Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF), melakukan aksi demo di depan Gedung B Fadkom, Rabu (1/11/17). Ukhuwahnews/Nopri Ismi.

UIN – Ukhuwahnews.com | Minimnya fasilitas umum yang berfungsi di Fakultas Dakwah dan Komunikasi (Fadkom) Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF), mendapatkan protes keras dari para puluhan aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Fakultas Dakwah (Gema Fatwa). Fasilitas umum yang tidak berfungsi itu mulai dari musala, tempat wudu, kamar kecil, AC, sampai lapangan parkir yang kecil.

Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (Demaf) Dakwah dan Komunikasi, Hasan Arfani, menjelaskan fasilitas umum itu sudah tidak berfungsi lebih dari tiga tahun terakhir.

“Kami kuliah dari tahun-tahun lalu, fasilitasnya begitu-begitu saja. Tak ada perubahan,” ujarnya disela orasi, Selasa 1 November 2017.

Hasan juga menjelaskan fasilitas musala dan kamar kecil di Gedung Dakwah B, juga tak pernah berfungsi semenjak selesai dibangun.

“Kami meminta, uang UKT yang cukup besar itu digunakan untuk melengkapi fasilitas umum. Harus transparansi masalah penggunaan uang UKT itu,” keluhnya.

Dari pantauan Ukhuwah, di Gedung Dakwah A, ada 13 kamar kecil. Di lantai satu, terpantau ada lima kamar kecil, yang semuanya tidak bisa dipakai, dengan kendala air yang tidak mengalir. Begitu juga lantai tiga, yang pintunya tidak bisa tertutup dan bolong. Lantai empat, ada empat kamar kecil dengan kondisi pintu yang juga sudah rusak.

Tak hanya itu, Ukhuwah juga memantau keberadaan musala dan kamar kecil di Gedung Dakwah B. Gedung itu, disetiap kelasnya dari lantai satu sampai empat, ada ruang kecil yang digunakan sebagai musala, yang langsung bersebelahan dengan kamar kecil, namun sayangnya, dua fasilitas umum itu sudah tidak berfungsi lagi.

Mahasiswa Jurnalistik 2016, Syarifudin juga mengelukan hal tersebut, menurutnya hal-hal kecil yang digunakan sebagai fasilitas umum itulah seharusnya yang segera diperbaiki. “Ini tantangan pejabat dekanat, mereka harus mendengar aspirasi mahasiswa. Jangan cuma ‘iyaiya’ saja tanpa bukti nyata,” katanya.

Menanggapi permasalahan tersebut, Dekan Fadkom, Kusnadi berjanji akan segera menindaklanjuti fasilitas yang tidak berfungsi itu dari musala sampai kamar kecil, begitu juga pagar Gedung  Dakwah A.

“Perbaikan akan dibangun setelah mahasiswa pulang dari PPL di Thailand,” ujarnya.

Kusnadi juga menjelaskan masalah perbaikan fasilitas umum, hal itu atas dasar kebijakan pihak universitas. “Kita fakultas hanya mengusulkan,” tegasnya.

Reporter : Ipe, Tia.

Editor : Wfi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah