Fakultas Ushuluddin & Pemikiran Islam

Aksi GAM Gugat Gedung 8 Lantai

Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Menggugat (GAM) UIN Raden Fatah (UIN RF) menggelar aksi demo di UIN Raden Fatah Palembang, (30/4/2018). GAM diantaranya menuntut penjelasan mengenai sistem Uang Kuliah Tunggal dan menagih janji pembangunan Kampus B UIN RF yang tak kunjung dilaksanakan. Ukhuwahfoto/Nopri Ismi

UIN RF – Ukhuwahnews.com | Hari itu, Senin (30/4/18) di tengah terik matahari, ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Menggugat (GAM) menggelar Aksi Damai terkait pembangunan gedung 8 lantai yang akan dibangun di depan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (Fuspi).

Dalam aksi yang di warnai tuntutan tersebut, demonstran meminta salah satu perwakilan dari Fuspi untuk menemui massa, serta mengancam pihak Fuspi apabila permintaan tersebut tidak dipenuhi.

“Dalam hitungan kesepuluh, apabila pihak Fuspi tidak juga keluar, kami akan langsung masuk (ke dalam gudung Fuspi),” teriak Koordinator Aksi, Dodi Hari Utama dalam orasinya.

Belum genap hitungan kesepuluh, Dekan Fuspi, Alfi Julizun Azwar beserta jajaran keluar dari gedung menemui kerumunan demonstran aksi damai. Alfi membenarkan jika di depan Fuspi segera dibangun gedung 8 lantai. “Gedung ini akan dibangun di parkiran depan Fuspi,” ungkapnya.

“Gedung yang merupakan proyek Universitas Islam Negeri Raden Fatah ini, tentu akan menutupi Fuspi,” sambungnya di hadapan massa.

Sementara, terkait aksi tersebut, Dodi dan pihak GAM meminta agar pihak kampus menghentikan proyek pembangunan yang dapat membatasi akses menuju Fuspi tersebut.

Selain itu, mereka juga menilai, pembangunan tersebut tidak memperhatikan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) sesuai dengan Undang-Undang No.32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolahan Lingkungan Hidup, serta Peraturan Daerah Kota Palembang No. 44 Tahun 2002 tentang Ketentraman Dan Ketertiban (paragraf ke 2, pasal  4, poin F).

 

Reporter : Noviyanti dan Melati Arsika

Editor : Alfiansyah

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah