Gallery

Air Terjun Mempesona “Cuhup Bale” Lahat Sumsel

 

Foto : M Syaikodir Pesona air terjun Cuhup Bale menawarkan sensasi kesejukan dan keindahan tersendiri. Tepatnya di Desa Karang Endah, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan. Kamis (10/3/2016).

Foto : M Syaikodir
Pesona air terjun Cuhup Bale menawarkan sensasi kesejukan dan keindahan tersendiri. Tepatnya di Desa Karang Endah, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan. Kamis (10/3/2016).

 

Lahat-Ukhuwahnews.com | Desa Karang Endah Kecamatan Kota Agung Kabupaten Lahat Sumatera Selatan memiliki potensi wisata alam yang tersembunyi yakni wisata air terjun yang dikenal dengan masyarakat  dengan sebutan “Cuhup Bale”, Kamis (10/03/2016).

Cuhup Bale merupakan wisata alam air terjun yang baru ditemukan masyarakat Desa Karang endah dan dibuka untuk umum sekitar tahun 2015 lalu.

Cuhup Bale terletak di lereng perbukitan berhawa dingin kawasan hutan lindung Bukit Jambul Gunung Patah. Percikan buih air terjun memantulkan cahaya matahari menjadikan spektrum warna pelangi yang menajubkan diantara rindangnya pohon serta dipenuhi hamparan tebing yang menjulang tinggi.

Tumpahan Cuhup Bale meiliki terjunan setinggi 90 M yang bersumber dari mata air perbukitan dan disisinya terdapat cuhup-cuhup kecil mendampingi Cuhup Bale. Diatas Cuhup Bale masih memiliki lima buah air terjun yang bertengger diatasnya.

Suasana yang masih asri dan rindang membuat Cuhup Bale semakin eksotik ditambah dengan bebatuan dengan diameter rata yang mengantung diantara dua jurang yang menghimpit air terjun tersebut. Dengan kondisi demikian tak pelak membuat Cuhup Bale menjadikan Air terjun terbaik dan tertinggi yang baru ditemukan di Kabupaten Lahat Sumatera Selatan.

Nama air terjun “Cuhup Bale” diberikan karena pada saat itu kawasan hutan lindung ini terkenal angker dan mistik, Bale yang menurut bahasa sekitar memiliki arti “Balak (bencana)”.

Pada waktu itu sebelum dibuka wisata menurut cerita masyarakat sekitar, pernah ada masyarakat yang hilang tertarik arus karena berkata sombong dan takabur di kawasan Bale. Maka dengan kejadian itu tempat ini disebut kawasan “Bale”.

Untuk mencapai “Cuhup Bale” dibutuhkan sedkit perjuangan yang menantang dengan melewati anak-anak tangga terbuat dari kayu dan berpegang pada sebuah tali dan rotan. Namun semua perjuangan akan terbayar ketika anda menatap dan memandangnya dengan berucap syukur dengan menembus hutan lindung yang masih terjaga keasrianya.

Jika anda beruntung diperjalanan akan menjumpai hewan seperti kera, kupu-kupu, capung dan hewan serangga lainya dihutan lindung yang dikenal dengan keaneragaman Flora dan Faunanya.

Rute Cuhup Bale tidak terlalu jauh yaitu melalui Desa Karang Endah Kecamatan Kota Agung Satu jam dari Kota kabupaten Lahat. Dari Desa Karang Endah menuju Cuhup Bale sekitar lima belas menit dengan melewati persawahan dan perkebunan kopi milik warga. Untuk sampai ke air terjun kita dapat berjalan dua puluh menit dengan jalanan yang menurun.

Untuk anda yang belum tahu lokasi perjalanan anda akan dipandu Tour Guide berpengalaman yaitu anak-anak Karang Taruna Desa Karang Endah. Untuk biaya Guide Gratis anda hanya membayar tiket masuk sekitar Rp 15.000 berikut tiket parkir. Dikenakan tarif karena untuk biaya kebersihan dan keamanan karena wisata ini masih dikelola swadaya oleh masyarakat setempat.

 

Reporter : Kdr

Editor : Von

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah