Fakultas Syariah & Hukum

Ahli Hukum Pidana : Ada 3 Unsur dalam Penegakan Hukum di Indonesia

Pemateri dari Kejaksaan Negeri Palembang, Erik Yudistira (Kiri), sedang menyampaikan materi di Seminar Hukum & Dialog Interaktif yang mengangkat tema “Penegakan Hukum di Masa Yang Akan Datang”, Ruang Munaqosah Fakultas Syariah & Hukum, Kamis (4/4/2019). Ukhuwahfoto/Vandea.

UIN RF – Ukhuwahnews.com | Ahli Hukum Pidana,  Ali Dahwir Pane mengatakan,  ada 3 unsur yang harus diciptakan dalam penegakan hukum di Indonesia.  Hal ini disampaikannya dalam Seminar Hukum dan Dialog Interaktif di Ruang Munaqosah Fakultas Syariah dan Hukum,  Kamis (4/4/2019)

“Pertama keadilan, karena di dalam hukum idealnya keadilanlah yang harus ditegakkan. Kedua kemanfaatan, masyarakat mengharapkan dengan adanya hukum dapat membantu menegakkan keadilan dan terakhir yaitu kepastian, kepastian harus ditegakkan dalam rangka penegakan keadilan,” ungkap Ali dalam materinya.

Tambahnya, tidak jarang masalah penegakan hukum menimbulkan ketidakadilan bagi masyarakat.  “Banyak di antara kita (masyaraka -red)  yang belum memahami hukum dan bagaimana sistem hukum itu berjalan,” tuturnya.

Sementara,  salah satu Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), Abadan mengungkapkan, seminar yang membahas tentang hukum tersebut,  merupakan seminar postif, di mana pematerinya  langsung dari kepolisian dan kejaksaan.

“Mahasiswa juga semakin tahu dan memahami bagaimana bergeraknya hukum di Indonesia yang sebenarnya,” katanya.

Abadan berharap,  dengan diadakannya seminar ini,  bukan hanya ilmu bagi masahasiswa Fakultas Hukum yang didapat.  “Tetapi,  hukum di Indonesia kedepannya menjadi lebih baik lagi,  terutama bagi penerus hukum nantinya,” tutupnya.

 

Reporter : Vandea Helga Fany, Astri Agustin

Editor : Alfi BS

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

To Top
Kancah Kreativitas Ilmiah