Adakan Deklarasi Kawal Pemilu, Acara Demau se-Palembang Sepi Partisipasi

Tampak segelintir mahasiswa duduk di kursi yang telah disediakan panitia acara Deklarasi Gerakan Mahasiswa Kawal Demokrasi di Academic Center, Senin (15/4/19). Acara yang bertujuan untuk menyukseskan pesta demokrasi 2019 tersebut sepi partisipasi. Ukhuwahfoto/AminQoblal.

UIN RF – Ukhuwahnews.com | Dalam rangka menyukseskan pesta demokrasi 2019, Dewan Esekutif Mahasiswa Universitas (Demau) se-Palembang adakan Deklarasi Gerakan Mahasiswa Kawal Demokrasi namun, sepi partisipasi.

Acara yang berlangsung di Academic Center Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) pada Senin (15/4/19) hanya segelintir mahasiswa yang berpartisipasi, terlihat dari ratusan kursi yang telah disediakan panitia tidak setengahnya yang terisi.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Pelaksana Acara, Asep Jovi Rafik Syafrudin mengklarifikasi atas sedikitnya peserta yang hadir, pihak mereka telah melakukan sosialisasi melalui sosial media.

“Namun karena persiapan kami yang singkat dan sudah masuk masa tenang pemilu mungkin sosialisasi yang kami berikan terkait acara ini kurang maksimal,” ujarnya saat diwawancarai.

Asep juga menambahkan, prioritas acara tersebut bukan pada jumlah peserta, melainkan esensi atau kesadaran mahasiswa untuk ikut andil dalam pesta demokrasi nanti.

“Prioritas kami adalah gaung atau esensi isi dari kegiatan ini dan kami netral, kami hanya ingin memberikan gambaran penentu dari sikap mahasiswa dalam pesta demokrasi,” imbuhnya.

Kendati begitu, menurut Asep, adanya acara tersebut guna mengingatkan dan mengajak mahasiswa untuk tidak menjadi golongan putih (Golput), mendukung penyelenggaraan pemilu, menciptakan situasi yang aman pasca pemilu dan juga melawan pihak-pihak yang ingin menganggu jalannya pemilu.

Kurang menyebarnya sosialisasi dari pihak Demau dirasakan salah satu Mahasiswi jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN RF, Anisa Indah mengatakan, tidak mengetahui adanya acara tersebut.

“Tidak ada pemberitahuan atau informasi yang diberikan kepada kami terkait acara ini. Mungkin kalau saya tahu saya akan datang dan ikut berpartisipasi dalam hal ini,” tuturnya.

Pembacaan Deklarasi yang dipandu Demau UIN RF, Universitas Negeri Sriwijaya, Universitas Tridinanti, Universitas Bina Darma, dan Universitas IBA di Academic Center, Senin (15/4/19). Ukhuwahfoto/A,imQoblal.

Adapun, Demau yang terlibat dalam acara tersebut, antara lain: Demau UIN RF, Universitas Negeri Sriwijaya, Universitas Tridinanti, Universitas Bina Darma, dan Universitas IBA. Hadir pula Wakil Kepala Polisi Daerah Sumatera Selatan, Badan pengawas Pemilihan Umum Sumatera Selatan, Dan juga Wakil Rektor III UIN RF.

 

Reporter: Delta Septiasmara, Dinda Aprilia

Editor: Melati Arsika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *