UIN RF Beri 1362 Mahasiswa Sosialisasi Pembekalan KKN

Suasana sosialisasi pembekalan KKN 70 untuk mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang, di Academic Center (AC). Senin (18/2/19)/Ukhuwahfoto/Apriansyah.

UIN RF – Ukhuwahnews | Sebelum turun ke masyarakat, 1362 mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) yang akan Kuliah Kerja Nyata (KKN) reguler angkatan 70, diberikan sosialisasi pembekalan yang berbasis research dan pengembangan potensi lokal berkarakter, di Academic Center (AC), Senin (18/2/19).

Ketua pelaksana KKN 70, Syarifudin mengatakan, sosialisasi tersebut sebagai bentuk persiapan dan ilmu awal untuk mahasiswa yang terjun langsung mengahadapi masyarakat, serta penilaian bagi potensi mereka sendiri.

“KKN tahun ini berbasis research dan pengembangan potensi lokal berkarakter. Research ini dapat menjadi dasar setelah terjun langsung untuk meghadapi masyarakat dan dapat menilai potensi mahasiswa tersebut,” ujarnya.

Selepas pembekalan ini, Syarifudin berharap mahasiswa KKN bisa kerjasama, disiplin dan menjaga kebersihan saat KKN nantinya.

“Selesai dari pembekalan ini saya berharap kepada mahasiswa yang akan mengikuti KKN itu dapat diajak kerja sama, disiplin, dan juga menjaga kebersihan ditempat mereka akan KKN nanti,” harapnya.

Mahasiswa KKN tersebut akan ditempatkan pada tiga kabupaten di Sumatera Selatan yakni Pali, Muara Enim dan Lahat.

“Untuk masalah penempatan itu memang kami carikan tempat-tempat yang khusus agar mahasiswanya dapat belajar dengan baik,” pungkas Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), Syrefriyeni.

Lebih lanjut, dia menjelaskan kalau KKN reguler ini berbeda dengan mandiri, seperti pada dana yang keluar untuk kegiatan tersebut.

“Inikan KKN reguler, beda dengan yang mandiri, contohnya pada dana, yang reguler didanai oleh negara dari mulai transport pulang pergi, makan saat pembekalan ini dan penempatan KKN. Sedangkan KKN mandiri, untuk dana yang dikeluarkan menggunakan uang mahasiswa sendiri dan penempatan lokasi juga dipilih dari mereka itu sendiri,” lanjutnya.

Sementara itu, salah satu peserta KKN 70, mahasiswa Pendidikan Agama Islam, Irsyad mengatakan, adanya sosialisasi tersebut sebagai wadah informasi persiapan KKN nantinya.

“Sosialisasi ini juga sebagai informasi bagaimana persiapan kita untuk terjun KKN nanti yang penempatannya itu telah dilakukan, serta KKN itu akan dilaksanakan selama 45 hari,” ujarnya.

 

Reporter: Sobariyani, Muhammad Apriansyah

Editor: Melati Arsika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *